Warganet Serbu Akun Instagram AFF dan Timnas Thailand: Match Fixing dan Penuh Mafia

Warganet Serbu Akun Instagram AFF dan Timnas Thailand: Match Fixing dan Penuh Mafia

Fans sepak bola Indonesia menumpahkan kekesalan dan kekecewaaanya lewat media sosial setelah timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022, Minggu (10/7/2022).

Salah satu aksi warganet

 yang menjadi sorotan adalah menyerbu akun Instagram AFF, @aff.presse dan timnas Thailand, @changsuek. Mereka menumpahkan segala kekesalannya di kolom komentar unggahan kedua akun tersebut.

Disalah satu postingan AFF, banyak warganet yang terlihat memberikan komentar negatif. Mayoritas menuding Federasi Sepak Bola ASEAN itu dipenuhi mafia.

FF Full of Mafia… Indonesia doesn’t need AFF. F*ck AFF,” tulis akun @Ferrytsas di kolom komentar salah satu unggahan Instagram AFF.

#AFFMAFIA, Report,” tulis @aissju.

“#AFF Mafia,” tulis @Riyaeldi08.

Di sisi lain, akun timnas Thailand juga mendapatkan teror serupa. Di salah satu unggahannya, warganet Indonesia menuduh tim berjuluk War Elephants itu telah “main mata” dengan Vietnam atau melakukan match fixing.

“Match fixing,” tulis @khyy23_.

“RIP Fair Play,” timpal @zulfy43.

Fans sepak bola Indonesia geram sekaligus kecewa karena timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 dengan cara terbilang menyakitkan.

Hasil imbang 1-1 di laga Thailand U-19 vs Vietnam U-19 membuat timnas Indonesia U-19

 yang menundukan Myanmar 5-1 di laga terakhirnya harus tersingkir dari Piala AFF U-19 karena kalah head-to-head dari dua negara tersebut.

Kemenangan atas Myanmar membuat timnas Indonesia U-19 mengoleksi 11 poin, setara dengan Vietnam dan Thailand yang mengakhiri fase grup dengan hasil imbang.

Namun, Piala AFF U-19 memiliki regulasi tersendiri untuk menentukan peringkat akhir suatu grup yakni dengan menempatkan tiga tim dengan poin sama ke dalam klasemen mini.

Alih-alih mengedepankan jumlah selisih gol dan agresivitas gol, AFF menggunakan head-o-head antara tim-tim dengan poin sama untuk menentukan peringkat.

Jika menggunakan selisih gol, maka Indonesia (+15) yang akan lolos bersama Vietnam (+9) dan Thailand yang justru tersingkir (+6).

Namun, berhubung AFF mengedepankan head-to-head dalam menentukan peringkat, maka situasi itu secara tak langsung jadi kerugian bagi tim asuhan Shin Tae-yong.

Pasalnya, secara head-to-head, timnas Indonesia cuma bermain imbang tanpa gol ketika menghadapi Vietnam dan Thailand. Sementara kedua negara yang disebutkan, mampu bermain imbang 1-1 dalam pertemuannya di Grup A.

Skema itu membuat klasemen mini menunjukkan Vietnam sebagai juara Grup A dengan dua poin, +0 selisih gol, dan 1 agresivitas gol. Sedangkan Thailand menduduki peringkat kedua dengan dua poin, +0 selisih gol dan +1 agresivitas gol.

Di sisi lain, timnas Indonesia U-19 yang tak mampu mencetak gol dalam hasil imbang kontra dua tim di atas, harus menduduki peringkat ketiga atau terakhir dengan koleksi dua poin, +0 selisih gol dan +0 agresivitas gol.

Situasi itu membuat timnas Indonesia U-19 harus tersingkir dari Piala AFF U-19 2022 sedangkan Vietnam dan Thailand yang menduduki dua besar berhak melaju ke babak semifinal.


 

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 11 Juli 22 - 09:41 WIB
Dalam Kategori : SLOTONLINE
Dibaca sebanyak : 249 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback