Makna di Balik Kebaya dan Batik Semen Romo Puan Maharani di Sidang Tahunan MPR

Makna di Balik Kebaya dan Batik Semen Romo Puan Maharani di Sidang Tahunan MPR
Ketua DPR RI, Puan Maharani, menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022. Puan terlihat anggun mengenakan kebaya brokat model kutubaru dan selendang di bahu kanan dengan bros.
 
“Hari ini saya mengenakan kebaya kutubaru yang terinspirasi dari kebaya klasik Jawa, dengan balutan kain batik tulis bercorak semen romo karya pembatik dari daerah Jawa,” tulisnya dalam unggahan di Instagram-nya.
 
Kebaya model kutubaru ini rancangan desainer Didiet Maulana. Dia menjelaskan dalam unggahan Instagram-nya, pilihan warna terakota atau yang dia sebut tembikar untuk mengambil konsep membumi. “Back to the roots, kembali ke akar,” tulisnya.
 
Motif kain batik semen romo pun tak kalah bermaknanya. Menurut Didiet, motif semen bermakna sebagai penggambaran dari kehidupan yang bersemi. “Kehidupan yang berkembang dan sejahtera. Sebuah pengharapan dan doa untuk kehidupan yang makmur,” tambahnya.
 
Dia melanjutkan motif semen rama sering dikaitkan dengan cerita Ramayana dengan ajaran kepemimpinan Hastha Brata atau delapan jalan ajaran utama. “Di antaranya sikap semangat, penuh kasih, bertanggung jawab berpengetahuan luas, berwibawa, adil, melindungi rakyat dan mengendalikan diri. Sebuah ajaran kepemimpinan untuk diri sendiri dan masyarakat,” katanya.
 
 
Motif batik ini terdiri dari tiga bagian utama yang dibagi menjadi ornamen udara, darat dan laut. Melambangkan keseimbangan dan keadilan. Motif Tree of Life atau pohon jayat melambangkan darat, garuda melambangkan udara dan motif baito atau perahu melambangkan laut. “Sarat makna, sarat doa dan pengharapan baik yang disampaikan dalam satu helai kain,” jelas Didiet.
 
Selain itu, untuk tampilan makeup Puan Maharani hari ini terlihat fresh dan flawless dengan sentuhan lipstik pink oleh makeup artist Bubah Alfian. “Deg-degan banget waktu dikasih kepercayaan make up-in Ibu Puan oleh Kakak saya Mas Dian dan bahagia banget ternyata Ibu Puan mengenal Jember Fashion Carnaval dan Insya Allah semoga bisa hadir tahun depan ya Ibu di Jember bersama Mas Didiet Maulana, aslinya lembut banget,” ujar Bubah di Instagram-nya.
 
Sedangkan sanggul rambut Puan Maharani khas Jawa, ditata oleh Yayuk Paes. Menurut keterangan dalam unggahan Instagram-nya, sanggul tersebut dibuat dari rambut putri Megawati Sukarnoputri itu sendiri.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 17 Agustus 22 - 07:47 WIB
Dalam Kategori : SLOTONLINE, SLOTGACOR, SLOTAMD, PLAYTOWIN, JACKPOT, SLOTGAMES
Dibaca sebanyak : 38 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback