Ini Hasil Kunjungan Kerja Jokowi ke 3 Negara di Asia Timur

Ini Hasil Kunjungan Kerja Jokowi ke 3 Negara di Asia Timur
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Cina, Jepang, dan Korea Selatan selain untuk mempererat kerja sama bilateral dengan masing-masing negara Asia Timur itu, juga untuk menggalang dukungan bagi keketuaannya di forum internasional. Kunjungan kerja Jokowi itu dilakukan pada 26 Juli - 28 Juli 2022.
 
Menurut Retno, kunjungan Presiden Jokowi diklaim telah berhasil memperkokoh kerja sama ekonomi. Kerja sama yang dibangun indonesia selalu berdasarkan kerja sama terbuka, inklusif, dan saling menguntungkan.
 
"Kepercayaan pemerintah dan swasta dari tiga pemerintah tersebut, terhadap stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat kuat," kata Retno dalam keterangan pers Sekretariat Presiden, Kamis, 28 Juli 2022.
 
Retno mengatakan, di tengah situasi dunia yang dipenuhi rivalitas dan upaya containment, Indonesia justru memperkuat rajutan persahabatan dan kerja sama konkret dengan negara-negara di dunia. Upaya ini, kata Retno, akan terus dilakukan.
 
Presiden Jokowi mengawali kunjungan kerjanya ke negara-negara Asia timur dengan bertolak ke Cina pada 26 Juli 2022. Di sana, Jokowi dan Presiden Cina Xi Jinping  sepakat memperkuat hubungan ekonomi dan melanjutkan sinergi projek jalur sutera modern, Poros Maritim Global, serta visi pembangunan Indonesia.
 
Presiden Xi dan Jokowi menegaskan komitmen keduanya untuk menyelesaikan proyek kereta cepat Jakarta - Bandung, proyek jalur dan jalan utama yang pembangunannya telah dirusak oleh pembengkakan biaya hampir US$ 2 miliar atau Rp 29 triliun.
 
Saat mengunjungi Tokyo pada Rabu, 27 Juli 2022, Presiden Jokowi meminta dukungan Tokyo di beberapa bidang seperti kendaraan listrik, asuransi perawatan medis, hingga pangan.
 
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berjanji untuk memberikan pinjaman US$ 318.5 juta atau sekitar Rp 4.7 triliun untuk proyek pembangkit listrik tenaga air Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, Jokowi mengumumkan pencabutan semua pembatasan impor yang diberlakukan setelah bencana nuklir Fukushima 2011.
 
Putaran terakhir kunjungan kerja Presiden Jokowi di Asia Timur adalah ke Seoul, Korea Selatan. Di Negeri Gingseng itu, Jokowi bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol pada Kamis sore, 28 Juli 2022. Usai rapat tingkat tinggi dengan Yoon, Jokowi mengantongi US$ 6.37 miliar atau Rp 94 triliun untuk proyek pembangunan IBU Kota Nusantara. 
 
Korea Selatan dan Indonesia, juga sepakat untuk bekerja sama di bidang pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan capacity building di pembangunan smart city. 
 
Retno menyatakan, poin ketiga kunjungan Jokowi ke tiga negara ini akan memperkuat dukungan bagi presidensi indonesia terutama semua persiapan yang terkait dengan KTT G20. Acara puncak pertemuan G20 akan digelar di Bali pada akhir tahun ini. 
 
Dalam KTT G20 November nanti, Jokowi mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Menlu Retno tidak menyebutkan apakah kepala negara dari Cina, Jepang, dan Korea Selatan telah mengkonfirmasi kehadirannya (di G20).
 
Dinamika terjadi di forum G20 karena ada invasi Rusia ke Ukraina. Dampak dari peperangan diproyeksikan akan menjadi pembahasan utaman KTT G20, selain agenda utama pemulihan global pasca-pandemi.
 
Retno melihat, kunjungan Jokowi ke Cina, Jepang, dan Korea Selatan akan mendukung keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun depan. Ketiga negara itu merupakan mitra strategis ASEAN.
 
"Indonesia ingin terus memperkuat ASEAN, menjadikan ASEAN relevan dan matters tidak hanya bagi masyarakat ASEAN, namun juga dunia," imbuh Retno. 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 30 Juli 22 - 07:05 WIB
Dalam Kategori : SLOTONLINE, SLOTGACOR, SLOTAMD, PLAYTOWIN, JACKPOT, SLOTGAMES, AMDBET, AMDGACOR
Dibaca sebanyak : 23 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback