Hari Ini di Tahun 1973, Master Kung Fu Bruce Lee Tutup Usia

Hari Ini di Tahun 1973, Master Kung Fu Bruce Lee Tutup Usia
Mendengar nama aktor Cina Bruce Lee memang sudah tidak asing di telinga. Sebagai aktor dan ahli seni beladiri, Bruce Lee mempopulerkan film-film kung fu ke seluruh dunia. Tepat hari ini di tahun 1973  Ia meninggal dalam usia muda.
 
Pengaruhnya dalam dunia bela diri memang begitu besar, hingga ia disebut sebagai ahli bela diri paling berpengaruh sepanjang masa. Ia dianggap sebagai aktor Asia yang pertama populer di industri film global. Bruce Lee pun menjadi salah satu ikon pop culture terkenal di abad 20.
 
Kehidupan Awal
Bruce Lee lahir pada tanggal 27 November, 1940 di San Francisco, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Lee Hoi-chuen dan ibu bernama Grace Ho. Ayahnya adalah seorang berdarah Cina asli.
 
Namun ibunya, Grace Ho adalah seorang Eurasia yang mana lahir dari ayahnya, Ho Kom Tong yang merupakan seorang Cina berdarah Yahudi-Belanda Klan Bosman dan dari ibunya seorang Inggris asli berdasarkan penuturan Grace Ho saat paspornya sedang didata dalam sensus di San Francisco. 
 
Masa Kecil
Masa kecil Bruce bersamaan dengan periode pendudukan Jepang di Hong Kong pada masa Perang Dunia ke-II (1941-1945). Pada saat itu keluarga Lee tinggal di Jalan Nathan, Kowloon, berdekatan dengan kamp militer tentara Jepang. Setelah perang berakhir, Hong Kong kembali pada Inggris.
 
Saat bersekolah, ia dan teman-temannya sering berkelahi dengan anak-anak Inggris. Hal itu dikarenakan kebenciannya terhadap orang Inggris yang memandang rendah orang Tionghoa. Seringnya berkelahi, membuat Bruce tertarik mempelajari beladiri.
 
Pada usia 13 tahun, Bruce Lee menjadi murid Yip Man, guru aliran kungfu Wing Chun. Selama 5 tahun Bruce belajar kungfu dengan giat. Kondisi fisik yang awalnya kurang sehat semakin lama membaik dikarenakan ia selalu melatih tubuhnya. Ketika pertama kali mempelajari kungfu, ia memakai keterampilannya untuk menghajar lawan-lawannya, tetapi pada akhirnya ia menyadari bahwa untuk membela kehormatan diri tidak selalu dilakukan dengan bertarung secara fisik
 
Tertarik Dunia Akting
Bruce Lee menyukai akting dan sangat antusias terhadap kegiatan ini. Ia bahkan telah berakting semenjak ia masih berusia 3 bulan di film Golden Gate Girl (1941) Ini dikarenakan sang ayah yang mengetahui bahwa Bruce kecil memang sangat senang untuk tampil di depan umum, sehingga ia sering yang mengajak Bruce masuk studio film. Menginjak usia 18, Bruce Lee telah tampil di 20 buah film.
 
Namun begitu, kedua orangtuanya sedikit kecewa karena nilai-nilai pelajaran di sekolahnya tidak begitu bagus. Setelah lulus SMA, ia disarankan untuk pergi ke Amerika, menyusul kakak-kakaknya yang telah terlebih dahulu belajar di sana.
 
Diolah dari berbagai sumber berikut daftar film yang dibintangi Bruce Lee yang tayang di bioskop dan di pertelevisian.
 
Film layar lebar 
 
Tahun    Judul Film
1969    Marlowe
1971    The Big Boss
1972    Fist of Fury
1972    Way of the Dragon
1972    Game of Death
1973    Enter the Dragon
1979    The Real Bruce Lee
1981    Game of Death II
 
Serial TV 
 
Tahun       Judul Serial TV
1966-67    The Green Hornet (26 episode)
1966-67    Batman (3 episode)
1967         Ironside (1 episode)
1969         Blondie (1 episode)
1969         Here Come the Brides (1 episode)
1970-73    Enjoy Yourself Tonight (6 episode)
1971         Longstreet (4 episode)
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 21 Juli 22 - 07:21 WIB
Dalam Kategori : SLOTONLINE, SLOTGACOR, SLOTAMD, PLAYTOWIN, JACKPOT, SLOTGAMES
Dibaca sebanyak : 38 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback