6 Penyebab Mesin Overheat Alias Mobil Kepanasan

6 Penyebab Mesin Overheat Alias Mobil Kepanasan
Mesin mobil yang terlalu panas dapat disebabkan beberapa sebab. Mesin overheat itu suatu keadaan mesin mobil memiliki suhu sangat tinggi dari batas wajar.
 
Menurut Auto2000, mesin mobil dapat mengatur suhu supaya tidak terlalu panas. Contohnya, ketika mobil terkena sinar matahari yang berlebihan saat dikendarai atau sedang terjebak macet.
 
Jika mesin mobil overheat artinya ada sesuatu yang salah pada mesin sehingga tidak bisa lagi mengatur suhu dengan baik. Penyebab mesin overhat yaitu rusaknya termostat dan radiator, air radiator yang habis, salah menggunakan oli dan air radiator, serta kipas pendingin yang tidak berfungsi.
 
Berikut penjelasan masing-masing penyebab mesin overheat, dikutip dari laman Auto2000 hari ini, Senin, 25 Juli 2022: 
 
1. Kipas Pendingin Tidak Berfungsi
Kipas pendingin pada mobil berfungsi menarik udara dingin dari luar ke dalam mesin supaya suhu yang tinggi dapat menurun.  Namun jika kipas pendingin tidak lagi berfungsi maka mesin overheat. Ganti segera kipas pendingin yang rusak.
 
2. Air Radiator Habis
Air radiator juga berfungsi mendinginkan mobil dari suhu panas yang terlalu tinggi. Air radiator ini akan mengalir melalui saluran yang sudah terpasang di sekeliling mesin mobil. Air radiator dapat menyerap suhu mesin mobil yang terlalu panas.
 
3. Salah Menggunakan Air Radiator
Air radiator yang digunakan untuk menyerap panas mesin mobil juga tidak sembarangan. Ada cairan khusus yang perlu digunakan agar suhu panas benar-benar dapat diserap. Seringkali mesin overheat karena penggunaan air radiator yang sembarangan. Tidak dianjurkan menambahkan air keran ke radiator.
 
4. Salah Menggunakan Oli
Mesin overheat juga dapat disebabkan oleh penggunaan oli mesin yang salah. Masyarakat cenderung lebih memilih oli mesin yang tidak sesuai spesifikasi karena harganya lebih murah. 
 
5. Termostat Rusak
Termostat merupakan komponen yang bertugas untuk memberitahukan keadaan mesin mobil kepada radiator. Saat terdeteksi bahwa suhu mesin terlalu panas maka air radiator akan dialirkan ke sekeliling mesin supaya suhu panas dapat diserap. Ketika termostat rusak, mesin overheat. 
 
6. Radiator Rusak
Radiator mobil rusak dapat mengakibatkan mesin terlalu panas atau mesin overheat karena radiator bertugas untuk menjaga suhu mobil tetap pada batas yang normal. Tidak heran mesin mobil menjadi overheat saat radiator mobil rusak.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 26 Juli 22 - 07:46 WIB
Dalam Kategori : SLOTONLINE, SLOTGACOR, SLOTAMD, PLAYTOWIN, JACKPOT, SLOTGAMES
Dibaca sebanyak : 26 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback